top of page
  • Writer's pictureLife at Sosial

[YPBB] : Staf Riset - Zero Waste

Deadline: -

Location: Bandung

Job Type: Full time

 

Proyek Zero Waste Cities (ZWC) YPBB adalah upaya YPBB untuk membangun model pengelolaan sampah yang berkelanjutan di tingkat kawasan. Dalam menjalankan program ini, YPBB berkoordinasi dan mendorong munculnya kebijakan pemerintah di berbagai level, terutama di Kota/ Kabupaten dan di tingkat Kelurahan/Desa, yang mendukung sistem pengelolaan sampah terdesentralisasi .


Seluruh aspek koordinasi dan pengembangan program ini dijalankan lewat proses riset sehingga kebijakan yang diusulkan kepada pemerintah tersebut benar-benar didasarkan pada pemahaman terbaik tentang kondisi lapangan dan kebijakan yang berlaku. Staf riset ZWC bertanggung jawab mengembangkan metode riset dan mengelola data yang masuk dari hasil pengembangan model di lapangan. Staf riset di tahun ini juga akan berperan untuk mengasistensi pengelolaan data dari model yang dikembangkan para kolaborator ZWC di Denpasar, Gresik dan Medan, serta kota-kota lain di tahun 2021-2022.

Pengelolaan data tersebut dilakukan dengan tujuan agar:

  1. Menjadi bahan/masukan untuk evaluasi dan pengembangan program, baik di lokasi model, maupun secara keseluruhan lintas kota. Evaluasi program ini akan digunakan oleh YPBB untuk pengembangan program ZWC di berbagai tempat, dan melakukan pendampingan kepada kolaborator atau LSM yang bekerja di kotanya masing-masing dan mengembangkan / mengadaptasi model ZWC.

  2. Dapat dikomunikasikan kepada pemerintah, sebagai bahan advokasi perubahan kebijakan di kota-kota tempat model dikembangkan. Tujuannya agar model dapat di-upscale ke skala kota.

  3. Dikomunikasikan kepada publik luas sebagai bahan kampanye untuk mendorong zero waste.

DESKRIPSI KERJA

  1. Berkoordinasi dengan seluruh manajer lapangan dan staf riset kota, serta kolaborator ZWC di kota lain untuk:

  • Menerapkan metode standar riset yang sama.

  • Memastikan aliran data yang konstan dari model-model yang dikembangkan YPBB dan para kolaborator.

  • Mengevaluasi penerapan standar dan mengembangkan metode dan standar baru yang lebih baik.

2. Melakukan pengolahan dari semua data yang masuk, dan menyajikannya dalam bentuk yang mudah dipahami, untuk kebutuhan advokasi dan kampanye.

3. Termasuk di dalamnya mengembangkan metode baru untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, dengan mempertimbangkan ketersediaan sumberdaya program.

4. Memastikan seluruh stakeholder yang terkait dengan aliran data:

  • Memahami metode pengambilan data.

  • Bisa menggunakan seluruh perangkat riset (berupa kuesioner, form data dll)

*Catatan: dalam hal ini, mungkin dibutuhkan pengembangan training untuk melatih staf-staf lapangan agar dapat memahami metode dan menggunakan seluruh perangkat riset.


KUALIFIKASI

  1. Diutamakan yang berlatar belakang pendidikan Teknik Lingkungan, khususnya yang mempelajari pengelolaan sampah (solid waste management)

  2. Berkomitmen fulltime dalam minimal 2 tahun yang akan datang.

  3. Bisa mengembangkan metode penelitian dalam pengelolaan sampah.

  4. Terbiasa bekerja dengan angka-angka, menggunakan statistik untuk mengambil kesimpulan.

  5. Penguasaan terhadap excel (wajib), atau software statistik lain (tambahan).

PROSES PEREKRUTAN

Kami mengundang Anda yang tertarik menjadi Staf Riset ZWC YPBB. Berikut tahapan yang harus diikuti:

1. Siapkan dokumen berikut:

  • Curiculum Vitae (Bahasa Indonesia)

  • Salinan digital e-KTP

  • Tulisan singkat yang menjawab 2 pertanyaan berikut: (a) Mengapa Anda tertarik untuk terlibat menjadi Staf Riset ZWC? (b) Mengapa ingin bekerja lewat YPBB? *tulisan tersusun dari 300-500 kata

  • Kuesioner prawawancara yang telah diisi lengkap. Jabarkan juga rata-rata pengeluaran perbulan Anda (dalam rupiah).

  • File form kepribadian. yang telah diisi dengan benar dan jujur. Baca petunjuk pengisian secara teliti untuk menghindari kesalahan dalam menjawab.

Template dokumen tulisan singkat, kuesioner prawawancara, dan file form kepribadian dapat diunduh (download) pada link berikut

Setelah dokumen tersebut siap, kirimkan melalui bit.ly/RekrutmenYPBB

2. Anda akan dihubungi untuk menentukan waktu wawancara/diskusi.

3. YPBB (melalui rapat staf) menentukan kelanjutan proses rekrutmen ke proses magang (masa orientasi) selama 2 (dua) bulan.

4. Anda dan YPBB membuat janji untuk mendiskusikan kemungkinan kerja sama secara langsung.

5. Masa orientasi selama 2 (dua) bulan sebagai staf magang YPBB. Tujuan dari masa orientasi ini adalah untuk mengenal berbagai sistem yang berjalan di YPBB (seperti sistem koordinasi, pengambilan keputusan, pelaporan), mengenal para staf yang akan menjadi rekan kerja, mengenal bidang kerja berbagai divisi di YPBB, dan mengenal isu yang dikembangkan YPBB.

6. YPBB (kembali melalui rapat staf) akan mengevaluasi kinerja Anda.

7. Anda dan YPBB akan membuat keputusan akhir tentang kelanjutan kerja sama Anda dari staf magang YPBB menjadi staf YPBB.


41 views0 comments

Recent Posts

See All

[UNDP] : Gender Project Clerk

Deadline: 8 March 2022 Location : Jakarta Job Type: Fulltime Background UNDP is committed to achieving workforce diversity in terms of...

Comments


bottom of page